Apple baru saja mengusung teknologi baru kepada United States Patent and Trademark Office (USPTO). Ini merupakan kualitas lensa tambahan untuk iPhone dengan menggabungkan perangkat keras pendukung khusus di dalam perangkat itu sendiri.

Melansir CDR Info, Minggu (29/7/2018) lengkapnya kamera tersebut menggunakan sistem kamera faktor format kecil untuk perangkat seluler yang memberikan kualitas gambar yang lebih baik saat menggunakan lensa aksesori.

Terlebih sistem dapat mendeteksi lensa aksesori yang terpasang ke kamera, baik melalui teknologi penginderaan atau dengan menganalisis gambar yang diambil. Selain itu, dia juga dapat menganalisa data gambar untuk menentukan keselarasan saat ini (misalnya, penyelarasan sumbu optik, jarak, dan kemiringan) dari lensa aksesori relatif terhadap lensa kamera, dan dapat menggeser lensa kamera pada satu atau beberapa sumbu menggunakan mekanis atau optik aktuator.

Miisalnya saja untuk menyelaraskan lensa optik lensa kamera dengan sumbu optik lensa aksesori. Sistem juga dapat menentukan karakteristik optik dari lensa aksesori, baik melalui teknologi penginderaan atau dengan menganalisis gambar yang diambil.

Sementara itu, lensa eksternal dapat dideteksi baik secara langsung dengan sensor yang dirancang khusus atau dengan memeriksa gambar yang diambil untuk distorsi cerita. Bagian yang menarik adalah bagaimana penyesuaian dibuat untuk mengoptimalkan kualitas gambar.

Hal ini dicapai dengan beberapa cara, termasuk mengubah posisi lensa telepon secara mekanis di dalam satu atau lebih sumbu untuk memastikan penyelarasan sempurna, serta melalui pemrosesan gambar setelah mengambil foto.

Untuk jenis gerakan yang diperlukan untuk menyesuaikan posisi lensa, dapat dilakukan oleh perangkat keras tidak berbeda dengan teknologi stabilisasi gambar optik yang sudah ada di kamera Apple. Meskipun, dari deskripsi, itu memang terlihat seperti perangkat keras kamera baru akan diperlukan untuk melakukan semua trik di paten.

Akan menarik untuk melihat Apple datang dengan beberapa lensa tambahan untuk iPhone, terutama jika didukung oleh teknologi pengoptimalan baru ini. 

(Sumber : https://techno.okezone.com/read/2018/07/30/207/1929163/apple-patenkan-teknologi-baru-untuk-iphone)


Powered by Divisi Kominfo HMSI FMIPA Untan 2017/2018


Administrator

HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *