Acara startup day jurusan Sistem Informasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura kembali hadir dengan mengusung tema “Indonesia Maju Berbasis SDM Unggul di Bidang Teknologi Informasi”. Acara ini dilaksanakan di Ruang Teater 2 Gedung Konferensi Untan pada tanggal 4 Desember 2019.

Menghadirkan Fahrurrazi, S.E.dan Ridho Brilliantoro, M.Si sebagai juri startup day 4.0 jurusan Sistem Informasi tahun ini. Adapun penonton yang menghadiri startup ini merupakan seluruh mahasiswa Sistem Informasi dari angkatan 2014 hingga angkatan 2019.

Tahun ini terdapat 8 perusahaan startup yang akan mempresentasikan hasil pemikiran dan kerja kerasnya selama 1 semester dengan total keseluruhan peserta yaitu 42 orang. Berikut adalah nama-nama dan sekilas pemaparan mengenai perusahaan startup tersebut:

  • Gudnut Indonesia

Perusahaan Gudnut Indonesia merupakan salah satu perusahaan star-up yang hadir untuk membantu pelanggan dalam menemukan penjual obat tradisional, xtanaman obat dan makanan sehat dengan informasi tentang menjaga kesehatan melalui sebuah platform website dan aplikasi berbasis mobile bernama “Gudang Nutrisi”.

  • Restu Ibu

Restu Ibu merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri digital dengan menjual Ebook bekerjasama dengan penerbit buku E Book. Restu Ibu memiliki Brand’s produk bernama E-Bouks.

  • Aquavest

AquaVest ( Aquaculture Investment) merupakan sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dalam bidang investasi sektor perikanan. Perusahaan AquaVest berkomitmen dalam mendorong terciptanya efisiensi mata rantai pasok industri perikanan serta terciptanya pemberdayaan bagi pembudidaya sektor perikanan dalam mendapatkan akses permodalan melalui pemanfaatan Teknologi Informasi. Perusahaan ini juga menyediakan platform investasi dalam sektor perikanan berbasis Crowdfunding bernama ” INVUYA” yang dapat menghubungkan para petambak ikan di Pontianak yang sudah terkualifikasi tetapi tidak memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnis perikanan mereka dengan para investor di kalimantan Barat. Maka, dengan adanya media INVUYA akan lebih memudahkan para petambak ikan dalam mengembangkan usaha mereka terutama dalam bidang marketing dan akses permodalan yang selalu petambak impikan dalam pengembangan Usahanya.

  • Gre3dz

GRE3DZ merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak yang berbasis di Pontianak. Salah satu proyeknya saat ini adalah Jemput Yuk, sebuah layanan antar jemput anak sekolah berbasis aplikasi mobile. Pada layanannya tersebut jemput yuk bercita-cita menjadi bagian dari solusi utk permasalahan antar jemput anak sekolah bagi orang tua yang sibuk dan tidak mau meluangkan waktu utk menjemput anaknya yang pulang sekolah.

  • Cendikia

Perusahaan Cendikia merupakan sebuah perusahaan startup yang bergerak dibidang jasa penyedia tentor bimbingan privat seluruh mata pelajaran sekolah mulai dari SD-SMA

  • Karya Kita Bersama

Karya Kita Bersama adalah perusahaan rintisan yang mengembangkan aplikasi Craftindo yang bergerak di bidang E-Commerce. Selain itu juga menawarkan barang-barang khusus kerajinan tangan khas Kalimantan Barat

  • T&G

T&G merupakan salah satu perusahaan start-up yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi.Perusahaan T&G menyediakan platform yaitu layanan informasi teraktual dan terkini dibidang kesehatan fisik remaja khususnya remaja putri”

  • Persi (Pemberdayaan Sistem Informasi)

Persi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang majalah digital,persi hadir karena kebutuhan Informasi digital begitu antusias di daerah kalimantan Barat terutama mahasiswa IT diseluruh jurusan komputer.persi memiliki produk bernama ngulik,dimana produk ini mengabungkan antara sosial media dengan majalah digital,sehingga ngulik kelak bisa menjadi sebuah media permesatu anak-anak IT yang senang dengan Informasi teknologi.

Harapannya buah hasil pemikiran startup ini tidak hanya berhenti disini tetapi terus dikembangkan dan mampu untuk bersaing ditengah-tengah masyarakat agar dapat menciptakan lebih banyak dampak positif bagi masyarakat Indonesia dan dijadikan peluang untuk menciptakan lebih banyak startup yang berkualitas di Indonesia. Dilansir dari merdeka.com, presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo mengungkapkan “Kita siapkan program 1.000 startup baru dilink-kan di inkubator global. Startup akan terus kita dorong. Menyongsong industri 4.0.”

galeri kegiatan :

Divisi Komunikasi dan Informasi HMSI Universitas Tanjungpura Periode 2019/2020


Administrator

HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *