Raksasa teknologi asal Amerika Serikat Apple meluncurkan iPhone edisi terbarunya. Terlebih, mereka menjual iPhone yang lebih murah dan lebih kecil untuk pertama kalinya sejak tahun 2016. Hal ini Apple lakukan demi bersaing dengan kompetitor lainnya seperti Samsung yang berani menjual hp lebih murah namun berspesifikasi tinggi. IPhone terbarunya bernama iPhone SE, iPhone yang sekilas terlihat seperti iPhone 8 tetapi bekerja layaknya iPhone 11. Dilansir dari tempo.co, iPhone SE dijual seharga US $399 atau setara dengan Rp 6,3 juta. Harga ini jauh di bawah iPhone 11 termurah yang dilabeli US $699 (setara Rp 11 juta) dan iPhone 11 Pro Max berharga US $1.099 (setara Rp 17 juta).

IPhone SE memiliki desain klasik yang mendefinisikan iPhone selama 10 tahun pertama. Semua desain, bodi, dan lensa kamera sama dengan iPhone 8 di tahun 2017. Namun Apple melakukan transplantasi otak yang cerdas, menggantikan processor yang sudah hampir 3 tahun dengan processor B13 A13 dan digunakan pada iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max. Hal ini jauh melampaui spek sederhana karena secara utama meningkatkan hal-hal seperti kamera dan daya tahan baterai. Situs web Apple mengatakan bahwa baterai iPhone SE hampir sama dengan iPhone 8, tetapi pengujian dengan memutar video berulang pada mode Pesawat pada kecerahan 50% dan iPhone SE berlangsung 15 jam, 45 menit sehingga menunjukkan bahwa baterai itu bertahan lebih lama. SE hanya memiliki kamera belakang tunggal, tidak memiliki Face ID dan tidak memiliki fitur kamera seperti Night Mode, Slofies dan Deep Fusion processing. Kamera selfie dikatakan bagus tetapi tidak sehebat yang ditemukan pada iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max.

Layar pada SE mirip dengan yang ada di iPhone 11, terutama dalam hal kualitas dan resolusi. Teks terlihat tajam, warnanya akurat dan cerah dalam kondisi cerah. IPhone SE diberi peringkat IP67, yang berarti dapat menahan terendam selama 30 menit pada kedalaman 1 meter (sekitar 3 feet). Tingkat ketahanan air dan debu ini bukanlah sesuatu yang biasa ditemukan pada ponsel dengan harga US $399 (setara Rp 6,3 juta), jadi patut dicatat bahwa iPhone SE memilikinya. SE hadir dalam tiga warna: hitam, putih dan merah. IPhone SE memiliki versi merahnya sendiri tetapi tidak terlihat lebih mencolok dengan warna merah dengan bezel hitam.

Divisi Komunikasi dan Informasi Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Tanjungpura Periode 2019/2020


Administrator

HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *