Sabtu, 28 november lalu, mahasiswa program studi Sistem Informasi (Sisfo) Universitas Tanjungpura telah berhasil menggelar kembali acara tahunan Startup Day dengan via teleconference tanpa kendala sedikitpun. Mengusung tema “Teknologi Informasi sebagai Solusi di Masa Pandemi COVID-19”, Startup Day 5.0 ini berusaha membawa ide-ide startup yang brilliant di tengah bencana COVID-19 yang melanda seluruh warga dunia. Dihadiri dengan total kurang lebih 150 peserta yang tergabung dalam ruang zoom, acara ini ibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama pada pukul 08.00 – 11.50, kemudian berlanjut di sesi kedua pada pukul 12.30 – 15.03

     Dengan dipandu oleh Yunida Salsabila sebagai MC, acara dibuka dengan sambutan dari ket. jajaran juri, bapak Fahrurrazi, S.E (General Manager IBT Untan), M Aditya A N, ST., MBA (President Director PT. Gamatechno Indonesia), Ikhwan Ruslianto, S.Kom., M.Cs (Founder Ide Kite), dan Ridho Brilliantoro, S.Si., M.Si (Manager of Dev. & Partnership IBT Untan) juga menambah antusiasme terhadap berlangsungnya acara. Startup Day kali ini memiliki 7 perusahaan startup yang akan mempresentasikan hasil pemikiran dan kerja kerasnya selama 1 semester dengan total keseluruhan peserta yaitu 50 orang.

    Berikut adalah pemaparan aplikasi presentasikan dalam Startup Day 5.0 :

1. Saloon (Salon Online) oleh PT. Binar Techno

    Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan perawatan diri tanpa harus keluar rumah, meningkatkan mata pencarian masyarakat, menghemat waktu pengguna, menjadi perusahaan startup yang berkembang di Pontianak, Menjadi startu dibidang layanan dapat bersaing denga startup sejeins, baik regional maupun nasional.

2. Clinicure oleh PT. RiseUp Tech

     Clinicure merupakan aplikasi mobile penyedia layanan kesehatan, yang fokusnya adalah pada layanan reservasi sebuah klinik. Sehingga bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang butuh mereservasi jasa klinik segera sebelum sampai di klinik tersebut.

3. Museik oleh PT. Garesta

     Penyedia layanan untuk penikmat industri kreatif yang ingin mencari, membuat, dan menikmati konser tanpa adanya batasan pada pandemi covid-19 dengan menyediakan media konser online. Museik juga dilengkapi fasilitas penjualan tiket konser sehingga akan sangat berguna di era pandemic ini.

4. Psytalk oleh Lokakarya Tekno Khatulistiwa

     Psytalk merupakan startup bergerak dibidang layanan psikologi yang beroperasi secara online dan menjangkau pengguna di Indonesia, psytalk memiliki fokus membantu pengguna dalam hal memanajemen tingkat stress yang menjadi masalah sebagian besar orang pada situasi pandemi saat ini.

5. Linkerja oleh PT. Kita Kerja

     Linkerja merupakan perusahaan bergerak dibidang teknologi informasi berbentuk starup yang berfokus pada jasa pemberian informasi terkait lowongan pekerjaan yang bekerjasama dengan banyak lembaga pencari sumber daya manusia untuk menggapai lebih luas penerima informasi.

6. Tour-D oleh Cloud9

     Tour-D merupakan aplikasi mobile yang menghubungkan langsung antara wisatawan dan pemilik wisata agar dapat melakukan interaksi atau transaksi secara online. Aplikasi ini bertujuan untuk mempromosikan banyak tempat pariwisata dan juga membantu masyarakat yang ingin mencari tempat liburan yang kurang dikenal banyak orang.

7. Eatsy oleh Greenlight Company

     Eatsy merupakan aplikasi bergerak dalam bidang kuliner yang menyediakan bahan masakan beserta takaran yang telah ditentukannya sehingga sudah sesuai dengan bahan takaran masakan, dan juga menyediakan penjualan bahan makanan yang sudah jadi.

     Dengan suksesnya Startup Day tahun ini, tentu saja membawa harapan bagi mahasiswa Sistem Informasi UNTAN angkatan kedepannya untuk dapat terus berpartisipasi dan melancarkan acara tahunan Startup Day ditahun-tahun berikutnya, dan terus mengembangkan inovasi-inovasi modern menyesuaikan kebutuhan masyarakat demi kemajuan bangsa. Semoga acara Startup Day dapat menjadi salah satu media yang memfasilitasi dan memacu tumbuhnya bisnis digital di Indonesia.

Galeri Kegiatan

Divisi Komunikasi dan Informasi

Himpunan Mahasiswa Sistem informasi

Universitas Tanjungpura Periode

2020/2021


Administrator

HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *