Universitas Tanjungpura memiliki 3 jurusan sarjana komputer (S.Kom); Sistem Informasi (Sisfo), Rekayasa Sistem Komputer (Resiskom), dan Teknik Informatika (TI). Sistem Informasi adalah bidang yang berkembang pesat dan mencakup berbagai topik, termasuk yang secara tradisional dibahas dalam Teknik Informatika dan Rekayasa Sistem Komputer. Jika Anda menikmati bekerja dengan komputer, merancang program dan aplikasi, atau berurusan dengan teknologi yang terus berkembang seperti forensik digital, keamanan TI, kejahatan siber, atau desain multimedia, maka karir di bidang Sistem Informasi mungkin cocok untuk Anda! Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Sistem Informasi, Rekayasa Sistem Komputer, dan Teknik Informatika, serta bagaimana Anda dapat menjadi mahasiswa Sisfo untuk memulai perjalanan profesional Anda dibidang ini.

Apa itu Sistem Infomasi?

Sistem Informasi adalah penerapan teknologi dalam mengelola kebutuhan bisnis, sehingga Anda akan dapat menerapkan keterampilan teknis Anda dalam lingkungan bisnis. Mahasiswa jurusan Sistem Informasi belajar bagaimana bekerja dengan sistem TI perusahaan untuk memecahkan masalah operasi.

Gelar Sistem Informasi mirip dengan gelar di bidang Teknik Informatika, namun mencakup spektrum topik yang lebih luas, termasuk bisnis. Anda akan memiliki fleksibilitas untuk bekerja di bisnis di industri atau wilayah geografis apa pun. Ini merupakan kabar baik jika Anda mencoba memutuskan antara gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) dan gelar S.Kom. karena Anda mungkin bisa memilih keduanya. Di Sisfo mengajarkan mahasiswa bagaimana menerapkan pengetahuan teknologi mereka pada tugas-tugas yang mungkin mereka hadapi di dunia bisnis.

Karir di Sistem Informasi

baca juga : Meniti Karir di Era Digital: Pilih Program Studi Sistem Informasi untuk Masa Depan yang Cerah

  • Pengembang Perangkat Lunak: Pengembang perangkat lunak bertanggung jawab untuk merancang, membuat, dan memperbarui aplikasi komputer. Mereka menganalisis kebutuhan klien mereka dan membuat perangkat lunak berdasarkan tugas yang memerlukan perbaikan.
  • Administrator Sistem: Administrator sistem memelihara sistem komputer atau jaringan dengan memastikan bahwa sistem tersebut diperbarui, berfungsi dengan baik, dan digunakan secara efektif.
  • Analis Programmer: Seorang analis programmer menulis kode program untuk mengembangkan dan menyesuaikan aplikasi komputer untuk klien mereka.
  • Pengembang Web: Tugas penting pengembang web adalah merancang, membuat kode, dan mengimplementasikan situs web fungsional untuk klien mereka.

Lihat tabel di bawah untuk melihat beberapa pekerjaan umum dan informasi gaji bagi mereka yang memegang gelar sarjana di bidang Sistem Informasi menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS.

KarirGaji Tahunan
Pengembang Perangkat Lunak
Administrator Sistem
Analis Programmer
Rp1,9 Miliar
Rp1,4 Miliar
Rp1,1 Miliar

Keterampilan Kunci untuk Karir di Sistem Informasi

Agar sukses dalam karir Sistem Informasi, ada beberapa keterampilan yang harus Anda miliki. Meskipun mahir dalam pengetahuan dasar komputer adalah titik awal yang baik, ada beberapa keterampilan lain yang terbukti berguna dalam karier Anda. Di bawah ini tercantum beberapa keterampilan tambahan bagi mereka yang ingin menyelesaikan gelar Sarjana Komputer:

  • Latar Belakang Kuat dalam Pengodean Komputer
  • Keterampilan Komunikasi Tertulis/Lisan
  • Berpikir Analitis
  • Kemampuan Pemecahan Masalah
  • Kemampuan organisasi

Apa itu Rekayasa Sistem Komputer?

Rekayasa Sistem Komputer adalah studi tentang pemrograman dan komputasi. Gelar Rekayasa Sistem Komputer akan memberi Anda keterampilan dasar yang Anda perlukan untuk mengejar karir di bidang coding atau pemrograman komputer. Anda akan memiliki pemahaman yang baik tentang teori di balik proses yang terlibat dalam pembuatan program dan aplikasi komputer.

Anda mungkin membandingkan Sistem Informasi vs Rekayasa Sistem Komputer. Meskipun kedua gelar tersebut saling tumpang tindih, program Rekayasa Sistem Komputer umumnya memberikan mahasiswa pengetahuan yang lebih menyeluruh dan kompleks tentang desain komputer dan proses komputasi. Jurusan Rekayasa Sistem Komputer diharapkan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang aspek teknis dan fungsional dari teknologi yang membentuk komputer dan perangkat lainnya.

Gelar dalam Rekayasa Sistem Komputer kemungkinan besar memerlukan banyak matematika, karena Anda akan mendalami algoritma yang membuat kode berfungsi. Anda juga harus analitis, karena Anda akan menghabiskan waktu untuk membuat model dan menganalisis masalah, serta menangani dan memanipulasi informasi. Kemungkinan besar Anda akan bekerja secara mandiri, menerapkan algoritma kompleks dan menulis kode yang membuat proses komputer lebih efisien.

Karir di bidang Rekayasa Sistem Komputer

  • Insinyur Perangkat Lunak: Seorang insinyur perangkat lunak bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak baru dan memperbarui perangkat lunak lama yang digunakan pada komputer dan perangkat lain.
  • Analis Keamanan Informasi: Seorang analis keamanan informasi melindungi dan mendeteksi ancaman dunia maya terhadap data dan informasi pribadi untuk organisasi.
  • Administrator Basis Data: Administrator basis data bertugas mengawasi basis data perusahaan, melindunginya dari ancaman, melakukan pembaruan yang diperlukan dan secara keseluruhan, memelihara basis data sehingga perusahaan berjalan dengan lancar.
  • Insinyur Perangkat Keras Komputer: Seorang insinyur perangkat keras komputer meneliti, merancang, memperbaiki, dan memperbarui perangkat keras fisik yang diperlukan agar komputer dan perangkat dapat beroperasi.
KarirGaji Tahunan
Insinyur Perangkat Lunak
Analis Keamanan Informasi
Administrator Basis Data
Insinyur Perangkat Keras Komputer
Rp1,4 Miliar
Rp1,2 Miliar
Rp1,2 Miliar
Rp1,4 Miliar
beberapa jalur karir umum dan kisaran gaji untuk mahasiswa yang memiliki gelar di bidang Rekayasa Sistem Komputer, menurut Payscale

Keterampilan Kunci untuk Karir di Rekayasa Sistem Komputer

Apapun spesialisasi yang Anda pilih di bidang Rekayasa Sistem Komputer, ada beberapa keterampilan umum yang penting untuk berhasil dalam karir di jurusan ini.

  • Berpikir Analitis
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Kreativitas
  • Berorientasi pada detail
  • Kemampuan Pemecahan Masalah
  • Pengetahuan Bahasa Pemrograman

Apa itu Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah penerapan praktis dari teknologi. Sebagian besar bisnis memiliki tim profesional TI yang bertanggung jawab mengelola infrastruktur dan aset TI perusahaan. Perbedaan antara Rekayasa Sistem Komputer dan Teknik Informatika adalah ilmuwan Resiskom merancang dan mengembangkan program perangkat lunak yang digunakan dan dipelihara oleh para profesional TI.

Spesialis TI mengambil apa yang telah mereka pelajari tentang komputer dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam bisnis di semua industri. Tim TI dalam bisnis apa pun biasanya terdiri dari spesialis di berbagai bidang seperti pengembangan perangkat lunak, dukungan desktop, dan keamanan jaringan.

Dalam program gelar Teknik Informatika, Anda mungkin tidak akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang pemrograman, namun Anda akan mempelajari pemrograman dasar dan dapat memilih untuk berspesialisasi dalam bidang-bidang seperti manajemen basis data, jaringan, atau keamanan. Karier di bidang TI akan memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan kerja setiap hari, membantu memecahkan masalah teknis mereka di tempat kerja.

Jika Anda berencana untuk belajar TI, Anda harus berorientasi pada orang dan sabar. Keterampilan layanan pelanggan yang baik akan membantu membina hubungan kerja yang positif dengan rekan kerja Anda. Hal ini penting karena mereka akan bergantung pada Anda untuk menjaga teknologi organisasi tetap berjalan lancar.

Karir di bidang Teknik Informatika

  • Spesialis Dukungan Teknis: Spesialis dukungan teknis biasanya merupakan posisi entry-level dalam bidang Teknik Informatika dan mereka bertanggung jawab untuk memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi untuk membantu pelanggan dengan masalah perangkat lunak/perangkat keras dan mendidik mereka tentang tren teknologi terkini.
  • Manajer Proyek TI: Manajer proyek TI bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan tujuan teknologi perusahaan.
  • Insinyur Jaringan: Insinyur jaringan mengawasi infrastruktur komputer dan jaringan perusahaan untuk memastikan produktivitas online.
  • Konsultan TI: Konsultan TI bekerja untuk perusahaan konsultan atau secara mandiri, dan memberikan nasihat teknis kepada klien untuk menyesuaikan dan meningkatkan lingkungan kerja mereka.
KarirGaji Tahunan
Spesialis Dukungan Teknis
Manajer Proyek TI
Insinyur Jaringan
Konsultan TI
Rp887 Juta
Rp1,4 Miliar
Rp1,2 Miliar
Rp1,3 Miliar
Beberapa jalur karir umum dan kisaran gaji untuk mahasiswa yang memiliki gelar di bidang Teknik Informatika, menurut Payscale

Keterampilan Kunci untuk Karir di bidang Teknik Informatika

Agar sukses dalam karir Teknik Informatika, ada beberapa keterampilan yang harus Anda miliki. Meskipun mahir dalam pengetahuan dasar komputer adalah titik awal yang baik, ada beberapa keterampilan lain yang terbukti berguna dalam karir Anda. Di bawah ini tercantum beberapa keterampilan tambahan bagi mereka yang ingin menyelesaikan gelar Teknik Informatika:

  • Manajemen proyek
  • Pengetahuan Perangkat Lunak
  • Berpikir Analitis
  • Kemampuan Pemecahan Masalah
  • Keterampilan teknis

Jalan UNTAN Anda Menuju Sukses

Universitas Tanjungpura menawarkan gelar sarjana di bidang Teknologi Informasi yang berkembang seiring dengan teknologi, memastikan Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan terkini untuk mendapatkan pekerjaan di bidang yang Anda inginkan. Baik Anda tertarik pada Sistem Informasi, Teknik Informatika, atau Rekayasa Sistem Komputer, Anda akan menemukan kelas dan proyek yang sesuai dengan aspirasi karir Anda.

Penulis: Leo Prangs Tobing
Referensi: bestcollegereviews.org

Divisi Komunikasi dan Informasi
Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi
Universitas Tanjungpura


Leo Prangs Tobing

made my road to web developer

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *