Sempat menjadi trendsetter di tahun 2010-an, pabrikan ponsel milik Research in Motion (RIM) asal Kanada, Blackberry kini jarang terdengar perkembangannya. Merk smartphone pelopor keyboard QWERTY ini merupakan salah satu brand yang sangat disukai sekitar tahun 2010-2013. Namun, kedigdayaan Blackberry saat ini tergusur oleh semakin inovatifnya ponsel Android yang menjadi raja pasar pabrikan smartphone global.

          Setelah BlackBerry mengakhiri kerja sama dengan TCL pada Februari 2020, beberapa pengamat khawatir bahwa ponsel legendaris yang memiliki keyboard ikonik ini akan lenyap dari pasar. Kini, sebuah laporan terbaru mengatakan bahwa Blackberry telah membuat kesepakatan baru dengan perusahaan OnwardMobility. Kedua pihak dikatakan sepakat untuk membuat smartphone Android di Amerika Serikat dan Eropa pada 2021.

          “Kami benar-benar akan memperlihatkan BlackBerry 5G, sebuah smartphone Android dengan keyboard fisik dan akan menjadi smartphone flagship selanjutnya. Tim kami benar-benar mendukung gagasan tentang telepon yang paling aman, dan kami mempresentasikan visi itu ke BlackBerry. Sasaran kami sebenarnya adalah mengaktifkan keamanan semulus mungkin. Beberapa fitur dan fungsi ini belum tersedia untuk konsumen di masa lalu. Anda tidak memerlukan departemen IT yang besar untuk memanfaatkan fitur kami. Sangat penting bagi saya bahwa kami memiliki pengalaman yang luar biasa dan perasaan yang seru untuk taktilitas keyboard, serta cara tombol merespons dan merasakan.”

kata CEO OnwardMobility Peter Franklin, dihimpun KompasTekno dari Nikkei Asia, Minggu (14/2/2021).

Peter-Franklin

          Dengan keunikan berupa ciri khas yang masih ingin dipertahankan, yakni tombol fisik dengan keyboard QWERTY pada ponsel terbarunya, Blackberry 5G tersebut tentunya akan menarik banyak antusiasme pelanggan terutama yang sebelumnya juga pernah memiliki atau memakai ponsel BlackBerry di masa-masa jayanya.

          Peter Franklin mengatakan bahwa ponsel tersebut rencananya akan dirilis di wilayah Amerika Utara (AS dan Kanada) serta Eropa tahun ini. Dia berharap nantinya wilayah pemasaran juga akan diperluas ke Asia.

“Kami sedang dalam proses berbicara dengan pelanggan dan operator seluler dalam skala global untuk mengembangkan rencana distribusi kami,” ujar Franklin.

          Franklin yang pernah bekerja di Microsoft dan Zynga sebelum mendirikan OnwardMobility pada 2019 turut menambahkan bahwa, dengan sekuriti yang andal, calon ponsel BlackBerry baru ini akan menyasar segmen profesional dan korporat. Meski demikian, di luar “tahun 2021” secara garis besar, OnwardMobility masih  belum mengungkap kapan persisnya smartphone BlacBerry tersebut akan dirilis. Franklin mengatakan informasi lebih detil akan dibeberkan dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Sumber :

Kompas. 2021. Ponsel BlackBerry 5G dengan Keyboard Fisik Akan Dirilis Tahun Ini. https://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/ponsel-blackberry-5g-dengan-keyboard-fisik-akan-dirilis-tahun-ini/ar-BB1dF7Jc. Tanggal diakses 15 Februari 2021.

Tribun. 2021. Menolak Mati, Blackberry Segera Luncurkan Ponsel 5G Pertamanya di Tahun Ini. https://www.tribunnews.com/techno/2021/02/16/menolak-mati-blackberry-segera-luncurkan-ponsel-5g-pertamanya-di-tahun-ini?page=2. Tanggal diakses 15 Februari 2021.

Suara. 2021. Smartphone BlackBerry 5G dengan Keyboard Fisik Siap Hadir Tahun Ini. https://www.suara.com/tekno/2021/02/14/222733/smartphone-blackberry-5g-dengan-keyboard-fisik-siap-hadir-tahun-ini. Tanggal diakses 15 Februari 2021.

Divisi Komunikasi dan Informasi
Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi
Universitas Tanjungpura
2020/2021


Administrator

HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *