Perkembangan teknologi menjadi satu-satunya hal luar biasa yang tidak dapat dihindari, termasuk perkembangan teknologi jaringan ini. Mulai dari 1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G hingga menjadi 5G yang ramai diperbincangkan. Tentu saja perkembangan teknologi jaringan pergenerasi membawa dampak yang signifikan dalam menciptakan keuntungan bagi pengguna. Dampaknya tidak hanya sekadar menjadikan proses yang lebih cepat, 5G merupakan teknologi jaringan yang sepenuhnya berbeda. Berikut adalah manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan jaringan 5G yang ‘incredible’.

  1. Smarter Homes and Cities

Berbicara mengenai ‘Smarter Homes and Cities’ tidak terlepas dari perangkat IoT (Internet of Thing) yang merupakan sebuah konsep dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan, tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Teknologi jaringan 5G ini membawa IoT (Internet of Thing) ke dalam perangkat rumah dan bisnis seperti keamanan, pencahayaan, dan audio yang lebih baik dan biaya operasinya lebih murah.

  • Autonomous Vehicles

Autonomous Vehicles atau kendaraan otonom menjadi sorotan beberapa waktu yang lalu karena dianggap  tidak bisa diandalkan setelah mengalami kecelakaan. Guna mendukung jutaan kendaraan otonom, jalan raya akan membutuhkan jaringan yang lebih dapat diandalkan. 5G akan memungkinkan kendaraan otonom mampu mendeteksi bahaya dengan lebih baik, berkomunikasi dengan kendaraan lain, berinteraksi dengan papan nama cerdas dan mengikuti peta yang lebih tepat. Terdapat hubungan langsung dan linier antara pemasangan 5G dan adopsi pasar mobil otonom.

  • Connectivity for Customers

Manfaat teknologi 5G yang lain adalah teknologi Connectivity for Customers. Menurut The International Journal of ICT Economy, Governance and Society, 5G akan menyediakan konektivitas hingga 90 persen dari total populasi di dunia pada 2027. Perusahaan yang menawarkan sistem pembayaran, kesehatan dan layanan bisnis ke ‘dunia ketiga’ ini akan memiliki akses ke pasar baru dan pelanggan.

  • Enhanced Video

Salah satu manfaat teknologi 5G adalah penggunaan Enhanced Video. Memungkinkan perusahaan untuk memiliki akses video beresolusi tinggi dengan latensi yang rendah. Meskipun memiliki implikasi besar di semua hal (permainan video hingga pemasaran), dampak paling besar akan terjadi dalam perekrutan sehingga perusahaan-perusahaan bisa memanfaatkan video untuk merekrut talent, video yang disempurnakan akan memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan mereka untuk merekrut dan mempromosikan perusahaan mereka dengan proses yang lebih cepat.

  • 3D

Salah satu manfaat teknologi 5G adalah penggunaan 3D. Implikasi bisnis untuk 3D sangat besar. Dalam waktu dekat pertemuan bisnis akan diadakan dalam 3D, memungkinkan model yang lebih bermakna, penggunaan gambar CADm dan lebih banyak presentasi yang “lebih hidup”. Penggunaan hologram ditujukan untuk membuat ilustrasi yang membuktikan bagaimana sebuah produk bisa bekerja. 3D akan menjadi dunia baru.

Dari paparan diatas, terbilang banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan teknologi jaringan 5 ini. Akan tetapi tetap perlu diperhatikan bagaimana kesiapan masyarakat dalam menggunakan teknologi 5G, yang mana diketahui saat ini penggunaan teknologi menjadi “mandatory” atau wajib digunakan bagi semua kalangan masyarakat tidak terlepas dari usia tua atau muda.

Divisi Komunikasi dan Informasi Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Tanjungpura Periode 2019/2020


Administrator

HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *