Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi, Fakultas MIPA, Untan kembali selenggarakan event terbesarnya yang bertajuk Information System Festival (INFEST) 2021. Event ini telah dilaksanakan 3 kali sehingga menjadikan INFEST kali ini merupakan INFEST ke-4 yang tentunya akan diselenggarakan secara online untuk kedua kalinya, sama seperti  tahun lalu yang berjalan lancar ditengah huru-hara Covid-19 yang baru meluap.

          Tema yang diusung tidak lain dan tidak bukan adalah “Technology in The New Life of Multicultural Society”, sekalipun tak jauh dari tema-tema sebelumnya yang juga bersangkutan dengan teknologi, tema tahun ini berfokus pada pengaruh teknologi pada pengembangan kehidupan baru yang dibangun masyarakat dalam era pandemi yang belum usai ini.

          Tujuan dari INFEST adalah memperkenalkan ilmu-ilmu Sistem Informasi kepada masyarakat luas melalui berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan sekaligus berbagi karya yang diciptakan oleh Mahasiswa Sistem Informasi kepada masyarakat di Kota Pontianak. Selain itu, kegiatan ini bertujuan membantu inisiatif pemerintah dalam mengembangkan Smart City sebagai bentuk kehidupan baru serta menjadi wadah yang mempertemukan pelaku digital di Kota Pontianak.

          Smart City (Kota pintar) merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat. Kementerian Kominfo melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, Kementerian Keuangan, Kemenko Perekonomian, dan Kementerian PANRB menginisiasi penyelenggaraan Gerakan Menuju 100 Smart City.

          Pendekatan pembangunan memaknai kerangka Smart City semakin menemukan relevansinya di masa pandemi Covid-19. Ketika protokol kesehatan harus dijalankan dan membatasi tatap muka, maka pola hidup ada perubahan yang luar biasa. Perubahan pola interaksi terlihat dari berbagai aspek kehidupan, peribadatan, bisnis, perekonomian, pendidikan, layanan publik, bahkan silaturahmi. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sendiri memaksa masyarakat melakukan berbagai aktivitasnya dari jarak rumah. Dari sinilah digitalisasi menuju smart governance mulai digalakkan.

          Terwujudnya Smart City ini tidak terlepas dari adanya peran masyarakat multicultural, dimana keberagaman budaya yang terjadi dalam masyarakat dapat mendorong aspek-aspek yang diperlukan dalam mewujudkan Smart City itu sendiri. Aspek-aspek tersebut dapat dicapai dengan edukasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai etika teknologi sehingga dapat membantu pemerintah Pontianak dalam mengembangkan Pontianak Smart City.

          INFEST 2021 ini resmi dimulai bersamaan dengan dibukanya rangkaian acara pertama berupa INFEST Competition yang ditujukan kepada pelajar, mahasiswa, atau masyarakat umum se-Kalimantan Barat. INFEST Competition ini meliputi 3 lomba yakni Poster Design, Tiktok Competition, dan E-Sport Competition. Pembukaan pendaftaran untuk lomba Poster Design bertema “New Normal New Passion” dan Tiktok Competition dengan tema “Show your creation” telah dimulai secara bersamaan sejak 3 April 2021 lalu dan akan ditutup pada 5 Mei 2021 mendatang. Kemudian akan segera dilaksanakan acara puncak yaitu INFEST TALK pada akhir juli nanti, yang berupa Seminar Nasional dan Talkshow via teleconference melalui aplikasi zoom sama seperti pelaksanaan tahun lalu mengingat situasi pandemi yang belum usai ini.

          Penyelenggaraan event INFEST ke-4 kali ini dipimpin oleh mahasiswa Sistem Informasi Universitas Tanjungpura angkatan 2019 anggota HMSI  (Himpunan Mahasiswa Sintem Informasi) divisi kominfo selaku ketua INFEST 2021, Gusti Izza Maulana yang juga kebetulan mengisi kepanitian INFEST sebelumnya di bidang PDD.

“INFEST tahun ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakannya secara online, tidak hanya pelaksanaan kegiatan, namun juga persiapan kegiatan ini kami  sebagian besar panitia mempersiapkannya secara online. Melihat kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukannya secara offline, kami seluruh panitia tetap berkeyakinan kegiatan kami ini akan berjalan dengan lanjar dan sukses, dengan mengevaluasi tahun sebelumnya, dan juga menjaga komunikasi kami antar panitia.”

          Diharapkan penyelenggaraan INFEST kali ini berjalan dengan lancar dan meriah hingga sampai di akhir event, dan semoga tujuan dari INFEST dapat tersampaikan dengan baik sehingga bermanfaat bagi kami pihak penyelenggara dan juga masyarakat yang menjadi target acara kami. Berikut ini adalah poster beserta link pendaftaran dan pedoman lomba INFEST Competition 2021. Mari ikut meriahkan INFEST 2021 bersama kami!

Link Registrasi Lomba TikTok
http://bit.ly/PendaftaranTikTokCompetitionInfest2021

Link Registrasi Lomba Desain Poster
http://bit.ly/PendaftaranDesainPosterInfest2021

Link Pedoman Lomba
https://hmsifmipauntan.com/pedomanlombainfest2021/

Media Partner

Divisi Komunikasi dan Informasi
Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi
Universitas Tanjungpura
2020/2021


Administrator

HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *