Pemerintah menggandeng operator seluler untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarka jauh, di antaranya adalah XL Axiata yang bekerja sama dengan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbut menyediakan kuota internet murah bagi dosen dan mahasiswa.
 
“Biaya dalam pemanfaatan teknologi ini menjadi concern kami, tidak dapat dipungkiri bahwa pada masa pandemi ini beban pulsa mendadak berlari seperti kereta cepat, maka kerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi sangat dibutuhkan demi kelancaran proses pembelajaran jarak jauh,” tutur Dirjen Dikti Nizam.
 
Nizam juga mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan proses pembelajaran dosen dan mahasiswa. Ia menginginkan seluruh insan perguruan tinggi bisa mendapatkan layanan semurah mungkin dengan jangkauan seluas mungkin.


“Kami sudah survei bahwa rata-rata kebutuhan penggunaan data untuk pembelajaran jarak jauh adalah 50GB per-bulan, sementara daya beli masyarakat untuk kuota di bawah Rp 100.000, maka dari itu perlu disediakan layanan internet seramah mungkin sesuai dengan kantong mahasiswa,” jelas Nizam.
 
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto menyambut baik kerja sama ini sebagai komitmen operator seluler berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Tanah Air. XL Axiata menyedikakan kuota data murah termasuk kuota gratis lewat produk kartu layanan seluler Axis.

Sumber : www.medcom.id
 
Divisi Komunikasi dan Informasi Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Tanjungpura Periode 2019/2020

Administrator

HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *